Selasa, 17 September 2024

MATERI KELAS 9 : PROCEDURE TEXT (MANUALS) 3

 Hari / Tanggal : Selasa, 17 September 2024

Kelas : 9A, 9B, 9C

KD : 3. 4 - 4. 4

TP : Mengucapkan ulang setiap kata, Menganalisis struktur, membacakan dengan suara lantang, menyalin dan menangkap makna resep makanan/ minuman dan manual







Pengertian Procedure text

Procedure text adalah salah satu jenis teks yang berfungsi untuk menginformasikan kepada pembaca tentang langkah-langkah melakukan sesuatu. (Procedure text is a text which aims to inform the readers about the steps to do something). 

Biasanya, teks ini diawali dengan “How to……” Contohnya, “How to operate……” atau “How to make……”

Tujuan procedure text itu apa? Teks ini digunakan untuk menjelaskan bagaimana sesuatu dibuat, dilakukan, atau digunakan dengan langkah-langkah yang jelas dan berurutan. (The purpose of procedure text is to show how something is made, used, or done through a sequence of steps).

 

Language Features / Ciri  - Ciri Kebahasaan Procedure Text


Berikut beberapa ciri kebahasaan dari procedure text:

  1. Teks ini membahas fakta mengenai pembuatan atau penggunaan sesuatu, sehingga kita perlu menggunakan simple present tense.
  2. Karena kita perlu menjelaskan beberapa steps, kita harus menggunakan kalimat perintah (imperative sentence). Contoh kalimat dalam procedure text adalah add 5 onions, get some yeast and pan. Yang paling penting nih sobat, kalimat perintah harus  diawali dengan kata kerja (verb). Contohnya adalah mix, stir, boil, add, turn on, get, dan lain sebagainya.
  3. Dalam procedure text, ketika kita ingin menjelaskan langkah-langkah pembuatan/penggunaan, ada kalanya kita perlu menghubungkan satu kalimat dengan kalimat yang lain. Maka dari itu, kita perlu kata penghubung/connectives. Contohnya: first, second, after that, then, finally, last, dan sebagainya.
  4. Untuk memberikan keterangan waktu atau durasi pembuatan dalam procedure teks, kita perlu menggunakan kata keterangan (adverb). Contohnya adalah in 5 minutes, for an hour, dan seterusnya. Selain itu, kita juga bisa menggunakan keterangan cara (adverb of manner). Contohnya: slowly, fastly, rapidly, powerfully, etc.

 Jenis Procedure Text

Setelah mengenali ciri-cirinya, kamu juga perlu berkenalan dengan jenis procedure text. Secara garis besar ada tiga jenis procedure text yang bisa kamu kenali. Berikut penjelasannya.

1. Procedure text yang memberikan instruksi dalam melakukan kegiatan tertentu (recipes).

    Misalnya how to make a brownies, how to play guitar. 

     2.    Procedure text yang memaparkan cara mengoperasikan/menggunakan sesuatu (manuals).

     Misalnya how to use camera, how to use rice cooker.

    3.    Procedure text yang berkaitan dengan kiat-kiat menjalani hidup (tips).

    Misalnya how to be successful in life, how to make yourself happy.


Generic Structures / Struktur Procedure Text

     1.    Am / Goal

Di Bagian yang pertama dalam menulis text procedure adalah aim/goal yang berarti tujuan. Biasanya, tujuan ini terletak pada judul yang menunjukkan tujuan dibuatnya teks tersebut.

Contoh: How to Make Dalgona Coffee

2    2.    Ingredients / Materials

 Bagian yang kedua, kalian diharuskan untuk menulis ingredients/material.  Penulisan ingredients/material ini berguna untuk menjelaskan apa saja bahan-bahan             atau  alat yang digunakan untuk membuat sesuatu dalam procedure text tersebut.

     Contoh: The ingredients to make Dalgona coffee are coffee and sugar. We also need a spoon                and warm water.

       3.    Steps / Methods

Di Bagian akhir, yaitu penulisan steps/methods (langkah/metode). Bagian ini berisi tentang langkah-langkah apa saja yang dilakukan untuk mencapai tujuan dari procedure text. 

      Contoh: First, wash the tomatoes.

 

Contoh Procedure Text (MANUALS)












Let's Watch the Video :







EVALUATION :

Please make one of the manuals do you know !



KESIMPULAN :




REFERENSI : 

- Bright an English, Course for Junior High School Students 3, Nur Zaida, Penerbit Erlangga, 
  2018.

- Video : You tube

- Gambar : Google Image





1 komentar:

  1. assalamu'alaikum wr.wb
    queensha zhafirah mulia a.
    9b
    hadir
    trmksh atas materinya mem

    BalasHapus